Friday, November 21, 2014

Jenis-Jenis dalam Inovasi Pendidikan

Suatu pendidikan tentu diperlukan suatu pembaruan dan inovasi agar ketercapaian tujuan dapat lebih mudah tercapai. Berikut adalah jenis inovasi dan pembaruan dalam pendidikan

1. Pembaruan landasan yuridis

pembaruan pada landasan yuridis ini berhubungan dengan hal-hal yang bersifat mendasar atau fundamental dan yang memiliki sifat prinsipal. Pembaruan yuridis ini adlah pembaruan pendidikan yang sangat mendasar.

2. Pembaruan Kurikulum dan Perangkat Penunjangnya

Dalam melakukan pembaruan kurikulum tetap harus memperhatikan prinsip-prinsip dalam pengembangan kurikulum. Tujuan pembaruan ini agar kurikulum tetap dapat mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan juga teknologi.

3. Pembaruan struktur pendidikan

Pembaruan struktur pendidikan atau pembaruan pola masa studi ini meliputi pembaruan jenis dan jenjang pendidikan serta pembaruan lama waktu belajar pada satuan pendidikan.

4. Pembaruan tenaga kependidikan

Yang dimaskud dengan tenaga kependidikan dalam hal ini adalah tenaga yang memiliki tugas untuk menyelenggarakan proses atau kegiatan mengajar, mengembangkan, melatih, mengelola, meneliti dan juga tugas pelayanan teknis dibidang pendidikan.

Semoga pembahasan singkat tentang jenis-jenis pembaharuan pendidikan ini bermanfaat.

Artikel menarik lainnya :

No comments:

Post a Comment